PELATIHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN SEPAT KERING BERBASIS DIGITAL MARKETING DI DESA MUNGGU RAYA

  • Febri Anugrah Darusman Program Studi Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Theri Wulandari Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Rukayah Rukayah Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Rossy Susilawati Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Ani Hayati Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Dzakiy Zaidan Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Marvel Santo Panjaitan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Nilam Sari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Fadilah Elma Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Aldy Indaka Darajati Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Iqra Muhammad Yusuf Program Studi Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Dhean Renaldi Ohoiulun Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Lasmaria Sinaga Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Nada Febrina Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Rajat Anhari Saputra Program Studi Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Siswanto Siswanto Program Studi Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Desa Munggu Raya memiliki luas 546,2078 Ha dan merupakan wilayah lahan basah potensial sebagai penghasil utama ikan sepat secara alami. Hasil penangkapan ikan sepat di Desa Munggu Raya bisa mencapai jumlah penangkapan 100 kg/hari. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan nilai ekonomis ikan sepat kering dan peningkatan ekonomi masyarakat Desa Munggu Raya, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah observasi dan analisis SWOT, penyampaian materi mengenai pengemasan dan pemasaran berbasis digital marketing yang kemudian dilakukan evaluasi keberhasilan kegiatan. Masyarakat khususnya ibu rumah tangga berhasil mempraktikkan pengemasan produk olahan ikan sepat kering serta memahami cara pemasaran berbasis Digital Marketing. Faktor yang menjadi penghambatnya adalah terbatasnya Sumber Daya Manusia, serta alat pendukung yang digunakan

References

Arif, H, & Gusti, K, N. 2018 Strategi Pengembangan Usaha Pengembangan Ikan Rawa Di Kabupaten Banjar. Jurnal Universitas Islam Kalimantan, hal 242-253.
Atkins, C. Robert. 2007. Diet Atkins. PT Alex Media Komputindo Kelompok. Gramedia. Jakarta.
Hastuti S. 2010. Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Formaldehid pada Ikan Asin di Madura, Jurnal Agrointek. 4(2) : 132-137.
Jusnita, N. (2018). Jurnal BERDIKARI Volume 1 Nomor 1 Juni 2018 ISSN 2503- 3719. Pengawetan Ikan Secara Alami. Di akses 07 Desember 2022. Dari Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Latiro, L. K., Budiyanto & Lawelle, S. A. 2019. Strategi Pengembangan Usaha Olahan Ikan Cakalang Asap (Studi Kasus Cv. Ome Trd Coy di PPS Kendari Kelurahan Puday Kecamatan Abeli Kota Kendari). Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 4(3).
Muchtadi. 2000. Metabolisme Zat Gizi: Sumber, Fungsi dan Kebutuhan Bagi Tubuh Manusia. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Published
2024-12-31
How to Cite
Darusman, F. A., Wulandari, T., Rukayah, R., Susilawati, R., Hayati, A., Zaidan, M. D., Panjaitan, M. S., Sari, N., Elma, F., Darajati, A. I., Yusuf, I. M., Renaldi Ohoiulun, M. D., Sinaga, L., Febrina, N., Saputra, R. A. and Siswanto, S. (2024) “PELATIHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN SEPAT KERING BERBASIS DIGITAL MARKETING DI DESA MUNGGU RAYA”, Aquana: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2). doi: 10.20527/aquana.v5i2.131.