PELATIHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN SEPAT KERING BERBASIS DIGITAL MARKETING DI DESA MUNGGU RAYA
Abstract
Desa Munggu Raya memiliki luas 546,2078 Ha dan merupakan wilayah lahan basah potensial sebagai penghasil utama ikan sepat secara alami. Hasil penangkapan ikan sepat di Desa Munggu Raya bisa mencapai jumlah penangkapan 100 kg/hari. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan nilai ekonomis ikan sepat kering dan peningkatan ekonomi masyarakat Desa Munggu Raya, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah observasi dan analisis SWOT, penyampaian materi mengenai pengemasan dan pemasaran berbasis digital marketing yang kemudian dilakukan evaluasi keberhasilan kegiatan. Masyarakat khususnya ibu rumah tangga berhasil mempraktikkan pengemasan produk olahan ikan sepat kering serta memahami cara pemasaran berbasis Digital Marketing. Faktor yang menjadi penghambatnya adalah terbatasnya Sumber Daya Manusia, serta alat pendukung yang digunakan
References
Atkins, C. Robert. 2007. Diet Atkins. PT Alex Media Komputindo Kelompok. Gramedia. Jakarta.
Hastuti S. 2010. Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Formaldehid pada Ikan Asin di Madura, Jurnal Agrointek. 4(2) : 132-137.
Jusnita, N. (2018). Jurnal BERDIKARI Volume 1 Nomor 1 Juni 2018 ISSN 2503- 3719. Pengawetan Ikan Secara Alami. Di akses 07 Desember 2022. Dari Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Latiro, L. K., Budiyanto & Lawelle, S. A. 2019. Strategi Pengembangan Usaha Olahan Ikan Cakalang Asap (Studi Kasus Cv. Ome Trd Coy di PPS Kendari Kelurahan Puday Kecamatan Abeli Kota Kendari). Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 4(3).
Muchtadi. 2000. Metabolisme Zat Gizi: Sumber, Fungsi dan Kebutuhan Bagi Tubuh Manusia. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Copyright (c) 2024 Aquana: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.